Minggu, 18 Maret 2012

Agar Makanan Tetap Awet

Nah tips ini saya peroleh dari kompas, kebetulan ada koran bekas di rumah lalu saya liat ada tips menarik, daripada di buang kan sayang jadi saya koleksi tipsnya. Tips ini memang sangat bermanfat bagi kaum ibu karena membahas tentang bagaimana cara menyimpan makanan di dalam kulkas agar tetap awet. Untuk menjaga kualitas makanan yang telah disimpan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  1. Bila ingin menyimpan  daging (ayam, sapi) dan makanan laut (udang, ikan, cumi-cumi)  di dalam freezer, gunakan plastic wrap atau kotak plastik yang tertutup agar tidak terjadi kontaminasi.
  2. Suhu pendingin kulkas sebaiknya berada diantara 4-10 derajat celcius. Sedangkan suhu untuk freezer maksimal berada di 5 derajat celcius.
  3. Lama penyimpanan makanan harus diperhatikan . Buah dan sayuran biasa disimpan sekitar 3-4 hari, ikan antara 1-2 hari, daging sekitar 4-5 hari, dan telur selama 2 minggu.
  4. Jangan memasukan makanan yang masih panas ke dalam kulkas, karena membutuhkan daya dingin yang lebih banyak sehingga lama kelamaan dapat membuat kulkas menjadi lebih cepat rusak dan biaya listrik pun besar. Selain itu, makanan pun menjadi lebih cepat busuk.
  5. Bila ingin menyimpan bumbu dapur di dalam kulkas, taruhlah di rak khusus yang tertutup atau disimpan didalam kotak plastik agar baunya tidak menyebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar