Jumat, 20 September 2013

Cake Kurma Madu (Tanpa Gula Dan Tanpa Gluten)

Cake Panggang, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Tanpa Tepung Terigu, Cake Tepung Beras, Camilan, Cake Tanpa Gula, Gluten Free Cake, Olahan Kurma


Sepertinya udah lama ya saya ga posting resep di blog ini, tapi sekarang saya udah semangat lagi neh bikin resep-resep cake yang baru ala dapurku surgaku tentunya. Dan ini adalah postingan pertamaku di bulan September. Resep yang akan saya tampilkan yaitu Cake Kurma Madu dari tepung beras. Cake ini adalah cake tanpa gluten, tanpa margarin atau mentega, tanpa bahan pengembang tambahan dan yang pasti tanpa gula. 

Berawal dari stok kurma yang masih banyak muncullah ide untuk membuat cake tanpa gula,  sebagai pemanisnya saya memakai madu  dan karena saya suka ngemil maka tepung yang digunakan adalah tepung beras maksudnya agar lebih mengenyangkan. Untuk kurmanya saya bikin selai terlebih dahulu supaya lebih lembut dan halus jadi cake yang dihasilkan nanti akan bertekstur lembut dan halus juga. 

Pada percobaan diresep pertama tenyata gagal total hasil cakenya lembek. Kemungkinan disebabkan oleh selai kurma yang terlalu banyak. Akhirnya saya coba membuat resep yang kedua dengan mengurangi selai kurmanya, Alhamdulillah berhasil….cakenya bisa mengembang terus tekstur cakenya juga lebih halus dan lebih lembut. Sayangnya masih kurang moist sedikit, mungkin si karena loyang yang saya gunakan lebar dan waktu memanggangnya yang kurang pas. Biasanya kan kalo adonan cake yang tipis dipanggang agak lama cakenya jadi kering. 

Untuk rasa manisnya, bagi orang yang ga suka kue-kue yang terlalu manis, cake ini Insya Allah cocok. Tapi buat orang yang suka manis seperti saya hehehe….tetep masih kurang manis. Biar lebih manis madunya boleh ditambah lagi kira-kira 25 gr, menurutku segitu sudah cukup manis. Oya jika pingin aromanya lebih harum bisa ditambah bumbu spekuk atau kayu manis bubuk ½ sdt aja. 

Daaaaan inilah resep Cake Kurma Madu Tanpa Gula Dan Tanpa Gluten. Semoga resepnya bisa menjadi inspirasi ummahat ya untuk membuat kue-kue yang sehat untuk keluarga tercinta.

Cake Kurma Madu ( Tanpa Gula Dan Tanpa Gluten ) 

Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
130 gr tepung beras 
20 gr tepung maizena 
80 gr selai kurma 
4 putih telur 
4 kuning telur, kocok lepas 
100 gr madu 
75 ml minyak goreng 
¼ sdt garam 
½ sdt air jeruk nipis 
almond slice secukupnya, untuk taburan

Cara membuat: 
  1.  Ayak tepung beras dan tepung maizena. Sisihkan.
  2. Campur selai kurma, madu dan minyak goreng. Aduk rata. 
  3. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu. Aduk Rata. 
  4. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. 
  5. Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis hingga mengembang. 
  6. Tuang campuran tepung sedikit-sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk perlahan.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yang dioles margarin/ minyak goreng dan dialasi kertas roti.
  8. Taburi atasnya dengan almond slice. Panggang di oven hingga matang.

Selai Kurma 

100 gr kurma tanpa biji 
100 ml susu cair 

Cara Membuat:
Blender kurma dan susu cair. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus hingga kurma berwarna coklat tua dan kalis. Angkat dan dinginkan lalu timbang 80 gr.



Senin, 15 Juli 2013

Sayur Bening Kencur Daun Katuk

Olahan Daun Katuk, Sayur Bening Kencur Daun Katuk

Sayur Bening Kencur Daun Katuk
Resep: Dewi Rosanti 

Bahan:
2 ikat daun katuk, siangi dan cuci bersih
1 buah labu siam, potong kotak
1 buah wortel, potong-potong
 kacang panjang secukupnya, potong-potong
1 buah jagung, potong-potong
2 tangkai daun sledri, iris kasar
3 batang daun bawang, iris memanjang 1 cm
2 lembar daun salam
1 buah tomat ukuran kecil
air secukupnya
garam secukupnya 
gula pasir secukupnya

Bumbu:
4 siung bawang merah,iris tipis
2 siung bawang putih,  cincang halus
2 ruas jari kencur, iris tipis atau sesuai selera

Cara memasak: 
Rebus jagung hingga air mendidih. Masukkan bawang merah, bawang putih, kencur, daun salam, wortel dan labu siam. Masak hingga setengah lunak.
Tambahkan kacang panjang, tomat, daun katuk, gula pasir dan garam. Aduk rata. Masak hingga semua matang.
Sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan sledri. Aduk rata. Angkat dan sajikan.


 

Sabtu, 13 Juli 2013

Tumis Daging Sapi Batang Brokoli

Olahan Daging Sapi, Tumis Daging Sapi, Olahan Batang Brokoli

Tumis Daging Sapi Batang Brokoli 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
500 gr daging sapi, potong-potong 
air kaldu sapi secukupnya 
1 batang brokoli 
3 tomat hijau, potong-potong 
5 cabe hijau, iris serong 
3 cabe merah, iris serong 
2 sdm saus tiram atau sesuai selera
1 sdt minyak wijen 

Bumbu: 
4 siung bawang merah, iris tipis 
4 siung bawang merah, iris tipis 
1 bawang bombay, iris memanjang 
½ sdt lada hitam bubuk 
garam secukupnya 
gula pasir secukupnya 

Cara Memasak: 
  1. Rebus daging sapi hingga empuk. Sisihkan 
  2. Kupas kulit bagian luar yang keras dari batang brokoli, potong memanjang menjadi 4 bagian lalu di iris serong.
  3. Tumis bawang putih, bawang bombay dan bawang merah hingga harum dan berubah warna.
  4. Tambahkan batang brokoli, aduk rata. Tumis hingga layu. 
  5. Masukkan daging sapi, air kaldu secukupnya, saus tiram, minyak wijen, lada hitam, garam dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga matang dan bumbu meresap. 
  6. Sebelum diangkat masukkan cabe merah, cabe hijau dan tomat. Aduk rata dan masak sebentar biar agak layu sedikit lalu angkat dan sajikan. 

Jumat, 12 Juli 2013

Bestik Daging Sapi

Olahan Daging Sapi, Bistik Daging Sapi, Bestik Daging Sapi, Resep Bistik Jawa

Ada lagi nih masakan yang praktis dan mudah yang bisa dijadikan untuk menu buka puasa dan sahur yaitu bestik daging sapi. Sebenernya resepnya udah pernah diposting disini cuma judulnya bukan bestik daging sapi melainkan bistik jawa. Soalnya kalo menurutku masakan ini  mirip seperti bistik, jadi dinamain aja resepnya dengan bistik jawa alias bistiknya orang jawa, hehe... Biasanya di daerah asalku di Sokaraja, masakan bestik daging sering disajikan di meja prasmanan pada acara hajatan. 
Untuk rasanya Insya Allah enak, kuahnya manis terus ada bau rempah-rempahnya, masaknya juga gampang. Semoga resep ini dapat menjadi inspirasi ummahat untuk menentukan menu buka puasa ataupun sahur. Selamat mencoba...

Bestik Daging Sapi
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan:
500 gr daging sapi, iris tipis
air secukupnya
3 buah tomat, potong-potong
3 butir telur
100 gram margarin
6 sdm kecap manis
1 batang sereh, memarkan
3 lembar salam
gula merah secukupnya
garam scukupnya
5 butir cengkeh
1 sdt kayu manis
2 butir kapulaga 
6 siung bawang merah, iris tipis

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
½ sdt merica butiran
5 butir kemiri
sedikit pala
1 butir kapulaga
½ sdt jinten

Cara Memasak: 
  1. Rebus daging sapi sebentar hingga airnya mendidih untuk menghilangkan darah yang masih tersisa pada daging. Angkat dan ambil dagingnya. Sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bumbu halus hingga harum. Angkat, diamkan sebentar. 
  3. Setelah hangat, masukan daging, tomat, telur, margarin, kecap, gula jawa, garam. Aduk rata pake tangan sambil diremas pelan biar bumbu meresap ke daging. 
  4. Masukan sereh, kapulaga, daun salam, kayu manis dan cengkeh. Kemudian dimasak diatas api sedang. Aduk sesekali. Tambahkan air jika air mulai menyusut. 
  5. Masak hingga dagingnya empuk dan bumbu meresap dengan wajan ditutup agar daging cepat empuk dan diaduk hanya sesekali saja.

 

Minggu, 07 Juli 2013

Ikan Mujair Kukus Goreng

Olahan Ikan Air Tawar, Olahan Ikan Mujair, Resep Ikan Kukus, Resep Ikan Goreng, Sajian Praktis Buka Puasa Dan Sahur
ini ikan yang sudah digoreng


Sajian ikan ini sangat mudah sekali membuatnya dan menurut saya sangat cocok untuk lauk buka puasa ataupun sahur. Tinggal pilih saja untuk buka puasanya yang digoreng atau yang dikukus tergantung selera kita masing-masing. Untuk ikannya ga harus pake ikan mujair, bisa juga dengan ikan nila, ikan mas atau ikan air tawar yang lain. Dan apabila ingin disimpan buat sahur, setelah dikukus ikannya didinginkan terlebih dahulu lalu diletakkan diwadah yang tertutup baru kemudian taruh dikulkas. Kalo mau makan tinggal dikukus lagi sebentar atau langsung digoreng saja. Selamat mencoba... semoga suka ya....


Ikan Mujair Kukus Goreng 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
1 kg ikan mujair (isi 4 ekor), buang insang, sisik dan isi perutnya lalu cuci bersih
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
8 lembar daun salam
1 batang serai, ambil putihnya lalu iris tipis
1 lembar daun pisang

Bumbu yang dihaluskan:
7 siung bawang putih
4 siung bawang merah
5 butir kemiri, goreng
1 ruas jari jahe, goreng
1 ruas jari kunyit, goreng
Garam secukupnya


Air Tawar, Olahan Ikan Mujair, Resep Ikan Kukus, Resep Ikan Goreng, Sajian Praktis Buka Puasa Dan Sahur
 ikan yang telah dikukus

Cara Memasak: 
  1. Lumuri ikan mujair dengan air jeruk nipis. Biarkan sebentar. 
  2. Campur bumbu halus dengan irisan serai. Aduk rata. Lumuri ikan dengan bumbu tersebut. Diamkan selama 45 menit. (bisa dimasukkan kedalam kulkas dulu) 
  3. Siapkan dandang yang sudah diberi air dan sarangan. Letakkan selembar daun pisang diatas sarangan. Taruh 4 lembar daun salam lalu taruh ikan beserta bumbunya diatas daun salam tersebut kemudian taburi sedikit garam untuk menambah rasa. Setelah itu beri daun salam lagi diatasnya.
  4. Kukus selama 30 menit atau hingga matang. Angkat dan sajikan. 
  5. Apabila akan digoreng, lumuri ikan dengan kocokan putih telur terlebih dahulu, setelah itu baru digoreng hingga kuning kecoklatan. 

 

Cake Wortel Jahe

Olahan Wortel, Cake Wortel Rasa Jahe, Cake Wortel Panggang, Cake Tanpa mentega Dan Margarin, Cake Tanpa Pengembang Tambahan


Cake Wortel Jahe 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
120 gr tepung protein sedang 
120 gr gula palm organik 
150 gr wortel, parut kasar 
90 ml minyak goreng 
3 butir telur 
1 sachet serbuk jahe instan 
1 sdt kayu manis bubuk 
Sedikit garam 
almond secukupnya untuk taburan 

Cara Membuat: 
  1. Siapkan loyang yang dioles dengan minyak goreng lalu alasi dasar loyang dengan kertas roti.
  2. Kocok telur, garam dan gula palm hingga lembut dan mengembang. 
  3. Masukkan tepung terigu, serbuk jahe instan dan bubuk kayu manis sambil diayak lalu diaduk perlahan sampai tercampur rata. 
  4. Masukkan setengah wortel parut dan setengah minyak goreng lalu aduk perlahan asal nyampur saja. Kemudian masukkan lagi sisa dari wortel parut dan minyak goreng. Aduk hingga rata.
  5. Tuang ke dalam loyang lalu beri atasnya dengan almond. Panggang di oven hingga matang kira-kira selama 30 menit.  

Cake Apel Kayu Manis ( Upside Down Cake )

Camilan olahan Apel, Resep Cake Apel Lembut, Cake Tanpa Margarin, Cake Panggang, Cake Tanpa Pengembang Tambahan



Cake Apel Kayu Manis 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
120 gr tepung terigu protein sedang
90 gr gula pasir
75 ml minyak goreng
2 butir telur
2 kuning telur
3 sdm susu kental manis
1 sdm minuman serbuk instan rasa jeruk
¼ sdt vanili crystal
secubit garam

Bahan lain: 
2 buah apel hijau, kupas kulitnya, belah jadi 2 lalu iris tipis-tipis
60 gr gula pasir
30 ml air
1/2 sdt kayu manis

Cara Membuat: 
  1. Air direbus bersama gula dan kayu manis hingga gula larut. Masukkan apel. Masak hingga airnya berkurang. Sisakan airnya sedikit untuk adonan cakenya. 
  2. Siapkan loyang bundar yang dioles dengan minyak goreng atau margarin lalu alasi dasar loyang dengan kertas roti. 
  3. Tata apel yang sudah dimasak secara melingkar didasar loyang. Apabila apelnya masih tersisa, dipotong kecil-kecil saja untuk dicampurkan ke adonan cake. 
  4. Campur potongan apel, air gula rebusan apel, minyak goreng dan susu kental manis ke dalam satu wadah. Aduk rata. Sisihkan.
  5. Kocok telur, gula, vanili dan garam hingga mengembang dan lembut. 
  6. Masukkan tepung terigu sambil diayak lalu tambahkan juga serbuk instan rasa jeruk. Aduk dengan spatula sampai rata. 
  7. Masukkan campuran apel, susu kental manis dan minyak goreng, aduk perlahan sampai rata.
  8. Tuang adonan cake ke dalam loyang lalu panggang di oven hingga matang kurang lebih 30 menit. Balikkan cake dan lepaskan kertasnya secara hati-hati. Potong-potong lalu sajikan. 

Terong Santan Tulang Sapi

Olahan Terong Ungu, Resep Sambal Goreng Tulang Sapi, Terong Ungu Masak Santan, Terong Santan Tulang Sapi


Terong Santan Tulang Sapi 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan:
500 gr terong ungu, potong-potong
500 gr tulang sapi, pilih yang banyak dagingnya
3 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong lengkuas, memarkan
4 sdm santan kental atau sesuai selera
air kaldu sapi secukupnya
gula pasir secukupnya
garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
6 cabe merah
1 ruas jari kunyit, goreng
1 ruas jari jahe, goreng
3 butir kemiri, goreng

Cara Memasak: 
  1. Rebus tulang sapi hingga dagingnya empuk. Sisihkan. 
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warnanya. Masukkan santan kental, air kaldu sapi, serai, daun salam, lengkuas, garam dan gula. Aduk rata. Masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah hingga santan mendidih. 
  3. Masukkan tulang sapi. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap sambil sesekali diaduk. 
  4. Tambahkan terong ungu. Aduk rata. Masak hingga matang. 

 

Cake Kentang Keju Raisin

Olahan Kentang, Resep Cake Kentang, Cake Kentang Keju Isi Raisin, Cake Panggang, Cake Tanpa Margarin, Cake Tanpa Pengembang Tambahan


Cake Kentang Keju Raisin 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
150 gr kentang, kukus lalu haluskan 
140 gr tepung terigu protein sedang 
120 gr gula pasir 
90 gr minyak goreng 
60 gr keju parut 
30 gr raisin kuning, potong jadi 2, rendam sebentar dengan air panas, tiriskan 
2 kuning telur 
3 butir telur 
3 sdm susu kental manis 
garam secukupnya 
almond slice secukupnya untuk taburan 

Cara Membuat:  
  1. Siapkan loyang persegi yang dioles dengan minyak goreng atau margarin lalu alasi dasar loyang dengan kertas roti. 
  2. Campur kentang, minyak goreng dan susu kental manis ke dalam satu wadah. Aduk rata.
  3. Kocok gula, telur dan garam hingga mengembang. 
  4. Masukkan tepung terigu perlahan-lahan sambil diayak . Aduk dengan spatula sampai rata.
  5. Tambahkan setengah adonan kentang, setengah keju parut dan raisin . Aduk perlahan asal nyampur saja. Kemudian masukkan lagi yang setengahnya dari adonan kentang dan keju parut. Aduk perlahan sampai rata.
  6. Tuang ke dalam loyang persegi lalu taburi atasnya dengan almond slice dan panggang dioven hingga matang selama 30 menit. 

Nugget Ayam Keju Tabur Wijen

Olahan Daging Ayam, Resep Nugget Ayam  Wortel Keju Wijen

Nugget Ayam Keju Tabur Wijen 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
350 gr daging ayam giling
1 batang wortel, kukus lalu dihaluskan
1 butir telur
2 bawang putih, dihaluskan
50 gr tepung roti (breadcrumbs)
50 ml susu cair
50 gr keju parut
1 sdt lada bubuk
gula pasir secukupnya
garam secukupnya


Olahan Daging Ayam, Nugget Ayam Keju Wijen, Nugget Ayam Sayuran, Nugget Ayam Wortel


Bahan pelapis: 
putih telur kocok
tepung roti secukupnya (breadcrumbs) 
wijen secukupnya 

Cara membuat: 
  1. Siapkan wadah, campur semua bahan lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. 
  2. Siapkan loyang persegi yang telah dioles minyak goreng atau margarin. Tuang adonan ke dalam loyang tersebut lalu kukus hingga matang selama 30 menit. 
  3. Setelah matang angkat dan dinginkan. Kemudian dipotong-potong sesuai selera. 
  4. Celupkan nugget yang telah dikukus ke dalam putih telur kocok lalu lapisi dengan tepung roti yang telah dicampur dengan wijen hingga tepung rotinya menempel dengan rata ke semua bagian nugget. Ulangi sekali lagi. 
  5. Goreng dalam api panas hingga matang dan kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. 
  6. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat. 

Jumat, 14 Juni 2013

Tongseng Ayam Kelapa Sangrai

Olahan Ayam, Resep Tongseng Ayam, Daging Ayam Masak Santan, Tongseng Ayam Kelapa Sangrai


Tongseng Ayam Kelapa Sangrai
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan:
8 potong daging ayam bagian dada, buang kulit dan lemaknya
2 lembar daun jeruk
700 ml air santan atau sesuai selera
1-3 sdm kelapa sangrai yang telah dihaluskan (sesuai selera)
4 sdm kecap manis
3 cengkeh
2 kapulaga
1 buah tomat, potong-potong
1 batang serai, memarkan
2 tangkai daun bawang, iris 1 cm
3 cabe rawit, iris bulat
kol secukupnya, potong-potong
garam secukupnya
gula merah secukupnya

Bumbu Halus:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, digoreng
5 cabe merah keriting
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt ketumbar
seruas jari kunyit
seruas jari jahe

Cara Memasak:
  1. Rebus daging ayam sebentar hingga airnya mendidih untuk menghilangkan darah dan lemaknya yang masih tersisa. Angkat dan dinginkan. Buang air rebusannya lalu tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan air santan, daun jeruk, kapulaga, cengkeh dan serai. Aduk rata. Masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah hingga santan mendidih dengan api sedang.
  3. Masukkan daging ayam. Aduk rata. Tambahkan kecap manis, gula merah, garam dan kelapa sangrai. Aduk merata. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut sambil sesekali diaduk . 
  4. Masukkan kol dan cabe rawit. Masak hingga layu. Menjelang diangkat masukkan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar hingga tercampur rata. Angkat dan sajikan.

 

Misoa Tahu Keju Isi Sosis

Olahan Sosis, Olahan Tahu, Olahan Telur, Resep Masakan Misoa, Misoa Tahu Goreng Isi Sosis 


Misoa Tahu Keju Isi Sosis 
Resep by Dewi Rosanti

Bahan:
450 gr tahu putih, haluskan
100 gr misoa, seduh dengan  air panas hingga lunak, tiriskan
100 gr wortel, parut kasar atau iris kotak
2 butir telur
4 sosis sapi, 1 sosis diiris menjadi 3 bagian
1 sdm minyak wijen
1sdt merica bubuk
6 bawang putih, haluskan
2 cabe merah besar, iris serong 
garam secukupnya
sedikit gula pasir untuk penyedap rasa  *bila suka*

Untuk Taburan:
keju parut secukupnya
oregano secukupnya atau bisa diganti dengan irisan daun kucai

Olahan Sosis, Olahan Tahu, Olahan Telur, Resep Masakan Misoa, Misoa Tahu Goreng Isi Sosis 

Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah, campur tahu, misoa , wortel, telur, bawang putih, minyak wijen, merica bubuk, garam dan gula pasir. Uleni hingga tercampur rata dengan menggunakan tangan sambil diremas-remas agar misoa terpotong2. 
  2. Siapkan cetakan kecil yang telah dioles minyak goreng, letakkan adonan ke cetakan, beri tengahnya sosis sapi dan irisan cabe lalu taburi atasnya dengan keju parut dan oregano.
  3. Kukus sampai matang. Angkat dan dinginkan. 
  4. Setelah dingin, celupkan ke dalam kocokan putih telur kemudian goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan  (untuk bagian atasnya goreng sebentar saja). 
  5. Angkat dan sajikan dengan saus samba, saus tomat atau mayonnaise.


 

Sambal Goreng Terasi Ikan Gabus

Olahan Ikan Gabus, Resep Masakan Dari Ikan Gabus, Sambal Goreng Terasi Ikan Gabus, Ikan Gabus Masak Bumbu Merah



Sambal Goreng Terasi Ikan Gabus
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan:
1 kg ikan gabus yang telah dibersihan dan dipotong-potong
1 buah jeruk nipis
garam secukupnya
4 lembar daun jeruk
gula merah secukupnya
air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih 
15 cabe merah keriting,direbus
2 cabe merah besar,direbus
5 cabe rawit, direbus
3 buah tomat matang, direbus
1/2 sdt terasi,digoreng

Cara Memasak:
  • Lumuri  ikan gabus dengan  air jeruk nipis dan garam  hingga rata. Diamkan hingga bumbu meresap.
  • Goreng ikan gabus hingga setengah kering dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum, tambahkan air,daun jeruk, garam dan gula merah. Aduk rata.
  • Masukkan ikan gabus,aduk rata.Masak hingga matang dan bumbu meresap. Angkat.

 

Cumi Saus Tiram



Cumi Saus Tiram 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
500 gr cumi ukuran kecil, potong 3 bagian 
air jeruk nipis
3 siung bawang merah, cincang 
3 siung bawang putih, cincang 
1 ruas jari jahe, iris tipis 
2 sdm saus tiram 
1 sdm kecap manis 
2 tangkai daun bawang, iris 2 cm 
1 sdt minyak wijen 
½ sdt merica hitam bubuk 
1 batang serai, ambil putihnya lalu memarkan 
4 cabe merah, iris bulat 
air secukupnya 
garam secukupnya 
gula pasir secukupnya 

Cara memasak: 
  1. Lumuri cumi dengan air jeruk nipis. Biarkan sebentar. 
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan cabe merah, serai dan jahe, aduk hingga agak layu. Masukkan cumi. Aduk hingga berubah warna. 
  3. Tambahkan air, saus tiram, kecap manis, minyak wijen, merica hitam, garam dan gula pasir. Aduk rata. Masak hingga matang. 
  4. Masukkan daun bawang. Aduk rata. Angkat dan sajikan. 

Semur Ikan Mujair


Semur Mujair
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
3 ekor ikan mujair, buang insang, sisik dan isi perutnya
1 buah jeruk nipis
1 buah tomat
1 lembar daun salam
sepotong lengkuas, memarkan
3 cabe rawit, iris serong
2 cabe merah, iris serong
4 sdm kecap manis
air secukupnya

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
seruas jari jahe
sedikit pala
½ sdt merica bubuk

Cara Memasak:
  1. Ikan yang sudah dibersihkan lalu dipotong menjadi 2 bagian. Kemudian lumuri ikan mujair dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar.
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum lalu masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk rata. 
  3. Masukkan ikan, air, kecap, cabe rawit, cabe merah, tomat, gula merah dan garam. Aduk rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap.

Sabtu, 18 Mei 2013

Rolade Tahu Jamur Isi Sosis Saus Asam Manis

Olahan Tahu Jamur Tiram, Olahan Sosis, Rolade Tahu Isi Sosis

Rolade Tahu Jamur Isi Sosis Saus Asam Manis
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan:
200 gr tahu putih, haluskan
100 gr jamur tiram, potong kecil-kecil atau dicincang halus
1 butir telur
2 butir telur untuk 2 lembar telur dadar
4 sosis ayam

Bumbu halus:
1 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya

Bahan Pelapis:
tepung roti yang kasar secukupnya (breadcrumbs)
1 butir telur, kocok lepas

Cara Membuat:
  • Siapkan wadah, campur tahu, jamur tiram, telur dan bumbu halus. Aduk rata.
  • Letakkan selembar telur dadar diatas aluminium foil, taruh adonan selebar telur dadar, beri sosis diatasnya. Gulung sambil dipadatkan.
  • Bungkus dengan aluminium foil dan kukus selama 30 menit atau hingga matang.
  • Angkat dan dinginkan lalu buka pembungkusnya dengan hati-hati.
  • Celup dalam kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung roti sambil ditekan-tekan agar tepung rotinya menempel dengan rata. Goreng hingga kecoklatan.
  • Setelah dingin dipotong-potong dan sajikan dengan saus asam manis.

Saus Asam Manis 

Bahan dan bumbu: 
2 siung bawang putih, cincang halus 
1 bawang bombay ukuran kecil, iris memanjang 
1 buah wortel,iris memanjang
1 buah mentimun ukuran kecil, buang biji, potong memanjang 
nanas yang sudah diiris secukupnya
4 buah tomat 
1 sdm rata tepung maizena larutkan dengan 2 sdm air matang 
gula pasir secukupnya 
lada bubuk sesuai selera
garam secukupnya 
air secukupnya (tergantung selera,mau berkuah banyak atau sedikit)


Cara Memasak Saus Asam Manis:
  1. Rebus tomat hingga matang. Buang kulit tomatnya dan diblender sampai halus kemudian disaring untuk membuang bijinya. Sisihkan. 
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan tomat halus, air secukupnya, lada bubuk, gula pasir dan garam . Aduk rata. 
  3. Masukkan nanasnya dan masak hingga layu. Tambahkan wortel dan mentimun. aduk rata, masak hingga semua matang
  4. Kentalkan kuah dengan maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Masak sampai kental.

Roti Tawar Labu Kuning

Olahan Labu Kuning, olahan Waluh, Roti Tawar Labu Kuning, Roti Panggang


Roti Tawar Labu Kuning
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan:
480 gr tepung terigu protein tinggi
170 gr labu kuning, kukus dan haluskan selagi panas
4 sdm rata susu bubuk
1½ sdm rata ragi instan
40 gr gula pasir
1 butir telur
100 ml air es
2 sdm rata salted butter
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
  • Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk dan gula pasir dalam mangkok atau baskom. Aduk rata.
  • Masukkan telur, aduk hingga bergumpal-gumpal. Tambahakan labu kuning dan air dingin. Uleni adonan sampai rata. Beri mentega dan garam, lanjutkan menguleni hingga rata.
  • Pindahkan ke meja keramik/marmer yang ditaburi tepung ( kalo ga ada bisa pake loyang kue kering yang lebar dan tebal). Uleni hingga kalis. *Apabila masih lengket, taburkan lagi sedikit tepung*.
  • Bentuk menjadi bulat dan letakkan di baskom, tutup dengan lap. Biarkan hingga mengembang dua kali lebih besar kira-kira selama 20 menit. 
  • Kempiskan adonan, pipihkan adonan roti tawar lalu gulung hingga berbentuk bulat panjang (disesuaikan dengan panjang ukuran loyang) dan eratkan. Letakkan adonan di loyang yang sudah dioles margarin. Tutup kembali. Biarkan selama 30 menit, hingga mengembang. 
  • Panggang adonan dalam oven hingga matang dan kecoklatan (kira-kira 20 menit). 
  • Setelah dingin simpanlah dalam wadah kedap udara atau toples atau bisa juga dibungkus dalam plastik agar roti tetep lembut. 
 
 

Garang Asem Daging Ayam

Olahan Ayam, Resep Ayam Garang Asam


Garang Asem Daging Ayam
Resep By Dewi Rosanti

Bahan:
300 gram daging ayam bagian dada yang sudah direbus sebentar,  potong dadu
350 ml air
2 bungkus santan instan ukuran 65 ml
4 buah cabai merah besar, iris bulat
4 buah cabai hijau besar, buang bijinya lalu diiris bulat
7 buah tomat, potong-potong
6 lembar daun salam
6 lembar daun jeruk
6 iris lengkuas
gula pasir secukupnya
garam secukupnya
daun pisang secukupnya
lidi secukupnya

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
8 siung bawang putih
4 butir kemiri, goreng
seruas jari kunyit, goreng
seruas jari jahe, goreng

Cara Membuat:
  1. Haluskan bahan bumbu dengan blender.
  2. Siapkan wadah, campur bumbu halus dengan santan, air, garam dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Ambil daun pisang, masukkan 1 lembar daun salam, 1 lembar daun jeruk,  1 iris lengkuas, beberapa potong daging ayam, irisan cabe merah, cabe hijau dan potongan tomat. Tambahkan air santan sesuai selera.  
  4. Bungkus bentuk tum lalu kukus hingga matang. Angkat, sajikan. 
Hasil untuk 6 bungkus
 

Cake Nangka Lapis Coklat ( Upside Down Cake )

Olahan Nangka, Cake Panggang, Cake Nangka Lapis Coklat, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Tanpa Margarin Dan Mentega,

Cake Nangka Lapis Coklat
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan:
100 gr tepung terigu
80 ml minyak goreng
75 gr gula pasir
3 butir telur
3 sdm krimer kental manis
1/2 sdt pasta pandan
sejumput garam
nangka secukupnya, iris kecil 

Untuk Isinya
meises secukupnya

Cara Membuat:
  • Siapkan loyang persegi ukuran 22x15x4 cm yang dioles dengan margarin lalu alasi dasar loyang dengan kertas roti. 
  • Tata irisan nangka dengan memanjang di dasar loyang. 
  • Kocok telur, gula dan garam hingga lembut dan mengembang. 
  • Masukkan tepung terigu sambil diayak lalu aduk perlahan hingga rata. Masukkan minyak goreng dan krimer kental manis. Aduk rata dengan spatula.
  • Bagi adonan menjadi 2, satu bagian di biarkan putih dan satu bagian lagi beri pasta pandan, aduk rata dengan perlahan.
  • Tuang adonan putih ke dalam loyang dan panggang di oven hingga 5-10 menit. Angkat.
  • Beri atasnya dengan meises hingga rata ke semua permukaan cake lalu tuang adonan yang berwarna hijau, ratakan. Panggang dioven  selama 25-30 menit atau hingga matang
  • Setelah matang, angkat dan biarkan dingin. Balikkan cake lalu buang kertasnya dengan hati-hati. 

Pepes Ikan Gabus

Resep Pepes Ikan, Pepes Ikan Gabus Bumbu Merah


Bahan:
1 ekor ikan gabus, bersihkan lalu potong-potong
6 lembar daun salam 
3 lembar daun jeruk 
3 batang serai, geprek 
daun pisang untuk membungkus
lidisecukupnya

Bumbu yang dihaluskan: 
6 bawang merah 
4 bawang putih
5 cabe merah
4 butir kemiri, digoreng
1 buah tomat
seruas jari kunyit, goreng 
seruas jari jahe, digoreng
sepotong lengkuas
lada bubuk secukupnya
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara Memasak:
  • Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan  selama 15 menit.
  • Blender semua bumbu yang akan dihaluskan hingga halus. Lalu lumuri ikan dengan bumbu tersebut. Biarkan hingga bumbu meresap
  • Ambil selembar daun pisang, beri daun salam, daun jeruk dan serai. Tambahkan ikan yang sudah dilumuri bumbu halus lalu bungkus dan semat kedua ujungnya dengan lidi. Kemudian kukus hingga matang.
  • Setelah matang, bakar pepes hingga daun pisangnya agak kehitaman.
Hasil untuk 3 bungkus

Gulai Ikan Mujair

Olahan Ikan Mujair, Resep Masakan Mujair Masak Santan

Gulai Ikan Mujair
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan-bahan:
2 ekor ikan mujair, buang insang, sisik dan isi perutnya lalu dicuci bersih
garam secukupnya
air jeruk nipis secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
5 cabe merah
4 bawang merah
4 bawang putih
3 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar bubuk
seuas jari kunyit
seruas jari jahe
sedikit jinten

Bumbu lain:
2 buah cengkih
1/2 sdt kayu manis bubuk atau sesuai selera
2 lembar daun salam
1 potong lengkuas, memarkan
2 butir kapulaga
2 lembar daun jeruk
2 sdm air asam
1 buah tomat, potong-potong
air santan sesuai selera
gula merah secukupnya
garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Ikan yang sudah dibersihkan lalu dipotong menjadi 3 bagian. Kemudian lumuri ikan mujair dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar.
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum lalu masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk rata.
  3. Tuangi santan, masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah hingga santan mendidih dengan api sedang.
  4. Masukkan ikan mujair lalu tambahkan tomat, cengkah, kayu manis, kapulaga dan air asam. Masukkan juga gula merah dan garam, aduk rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap.
  5. Angkat dan hidangkan selagi hangat.

Senin, 29 April 2013

Chocolate Checkerboard Cake With Cream Cheese Frosting

Cake Coklat, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Panggang


Gara-gara penasaran sama yang namanya cream cheese akhirnya ikut-ikutan juga neh bikin cake dengan cream cheese frosting hehe… Walopun dalam menghias cakenya masih belum rapi dan seadanya banget (maklumlah masih pemula), tapi Alhamdulillah kata suami cakenya enak dan menurutku juga gitu sih sponge cakenya lumayan lembut lah apalagi ditambah cream cheese frosting, hmmm…enaaak. Oya karena ini masih coba-coba, jadi untuk cream cheese frostingnya aku buat sedikit yang penting cukuplah untuk ngelapisin semua bagian cakenya asalkan dioles tipis-tipis. Cuman kalo kepingin lapisan cream cheesenya lebih tebal, bikin frostingnya yang lebih banyak aja.


Cake Coklat, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Panggang, Chocolate Checkerboard Cake With Cream Cheese Frosting

Chocolate Checkeboard Cake With Cream Cheese Frosting
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Cake Coklat Putih

Bahan:
100 gr tepung terigu protein sedang
75 gr gula pasir
80 ml minyak goreng
3 butir telur
100 white cooking chocolate, lelehkan
3 sdm susu kental manis
Sejumput garam

Cara Membuat: 
  • Siapkan loyang bundar (diameter 20 cm dengan tinggi 4 cm) yang dioles dengan margarin lalu alasi dasar loyang dengan kertas roti. 
  • Campur coklat leleh, minyak goreng dan susu kental manis ke dalam satu wadah. Aduk rata.
  • Kocok gula, telur dan garam hingga mengembang. 
  • Masukkan tepung terigu perlahan-lahan sambil diayak . Aduk dengan spatula sampai rata.
  • Tambahkan adonan bahan cair (coklat leleh, minyak goreng dan susu kental manis). Aduk perlahan hingga semua tercampur rata. 
  • Tuang ke dalam loyang bundar. Panggang dioven selama 30 menit atau hingga matang.
  • Angkat dan biarkan dingin. Potong bagian permukaan cake lalu belah dua.

Cake Coklat, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Panggang, Chocolate Checkerboard Cake With Cream Cheese Frosting


Bahan Cream Cheese Frosting:
250 gr cream cheese
125 gr mentega tawar
120 gr gula tepung (jika ingin lebih manis, tambahkan gulanya sesuai selera)

Cara Membuat:
Campur mentega tawar, gula tepung dan cream cheese, kocok dengan mixer hingga lembut.

Cake Coklat 

Bahan: 
80 gr tepung terigu protein sedang 
20 gr coklat bubuk 
80 gr gula pasir 
3 butir telur 
80 ml minyak goreng 
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan 
3 sdm susu kental manis 
Sejumput garam 

Cara Membuat: 
  • Siapkan loyang bundar (diameter 20 cm tinggi 4 cm) yang dioles dengan margarin lalu alasi dasar loyang dengan kertas roti. 
  • Campur coklat leleh, minyak goreng dan susu kental manis dalam satu wadah. Aduk rata.
  • Kocok gula, telur dan garam hingga lembut dan mengembang. 
  • Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk perlahan-lahan sambil diayak . Aduk dengan spatula sampai rata. 
  • Tambahkan adonan bahan cair (coklat leleh, minyak goreng dansusu kental manis). Aduk perlahan hingga semua tercampur rata. Tuang ke dalam loyang bundar. 
  • Panggang dioven selama 30 menit atau hingga matang. 
  • Angkat dan biarkan dingin. Potong bagian permukaan cake lalu belah dua cake. 

Penyelesaian:
  • Potong tiap-tiap cake dengan ring cutter, aku ga punya ring cutter jadi pake toples diameter 14 cm dan gelas diameter 7 cm. 
  • Susun cake seperti puzzle (2 cake menjadi warna coklat putih coklat dan 2 cake lagi warna putih coklat putih). 
  • Untuk lapisan pertama, letakkan cake warna coklat putih coklat lalu oles dengan frosting, ratakan. 
  • Lapisan kedua, letakkan cake yang berwana putih coklat putih lalu lalu oles frosting dan ratakan, begitu seterusnya disusun secara selang seling. 
  • Setelah semua cake tersusun, oles seluruh permukaan cake dengan cream cheese frosting hingga rata. Hias dengan meises coklat dan rainbow chip.  

 

Jumat, 19 April 2013

Cake Lapis Ubi Ungu ( Upside Down Cake )

Olahan Ubi Ungu, Bolu Kukus Ubi Ungu, Cake Ubi Ungu Kukus, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Tanpa Oven, Cake Tanpa Margarin Dan Mentega,  


Cake Lapis Ubi Ungu 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
50 gr ubi ungu, kukus dan haluskan lalu campur dengan 5 ml air, aduk rata 
150 gr ubi ungu mentah, potong memanjang 
130 gr tepung terigu 
90 ml minyak goreng 
120 gr gula pasir 
3 butir telur 
5 sdt susu kental manis 
½ sdt vanili bubuk 
¼ sdt garam


Olahan Ubi Ungu, Bolu Kukus Ubi Ungu, Cake Ubi Ungu Kukus, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Tanpa Oven, Cake Tanpa Margarin Dan Mentega,


Cara Membuat:
  • Siapkan loyang bundar yang dioles dengan miyak goreng lalu alasi dasar loyang dengan kertas roti tanpa dioles minyak. 
  • Tata potongan ubi ungu mentah didasar loyang, sisihkan. 
  • Panaskan dandang terlebih dahulu dengan tutup dibungkus pake kain serbet. 
  • Kocok telur, gula pasir, vanili bubuk dan garam hingga kental, lembut dan mengembang. Masukkan tepung terigu sambil diayak lalu diaduk rata dengan menggunakan spatula.
  • Kemudian masukkan minyak goreng dan susu kental manis secara bergantian. Aduk sampai tercampur rata dengan spatula. 
  • Bagi adonan menjadi dua, satu bagian dibiarkan putih dan satu bagian diberi ubi ungu halus lalu aduk rata. 
  • Tuang ke dalam loyang bundar adonan yang putih, ratakan. Kukus 5 menit. 
  • Tuangi lagi adonan ubi ungu perlahan- lahan hingga rata. Kukus hingga matang kurang lebih 30 menit. 
  • Angkat dan biarkan cake dingin. Balikkan cake lalu buang kertasnya secara hati-hati.


Olahan Ubi Ungu, Bolu Kukus Ubi Ungu, Cake Ubi Ungu Kukus, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Tanpa Oven, Cake Tanpa Margarin Dan Mentega,


Oke, selamat mencoba ya...